Container yard adalah area penyimpanan dan pengelolaan peti kemas (kontainer) yang berfungsi sebagai titik perantara antara kapal, truk, dan gudang. Lokasinya umumnya berada di dalam atau sekitar pelabuhan, dan menjadi tempat kontainer disusun, diperiksa, serta menunggu proses distribusi. Secara bahasa, yard berarti area terbuka untuk kegiatan industri atau transportasi. Dalam konteks logistik, yard adalah tempat penumpukan dan pengelolaan barang besar seperti peti kemas, alat berat, atau material ekspor-impor. Jadi, Kontainer yard dapat diartikan sebagai “lapangan penyimpanan kontainer” yang menjadi pusat aktivitas logistik laut. Misalnya di pelabuhan Tanjung Priok dan Tanjung Perak, yard ini berfungsi sebagai terminal transit untuk ribuan TEU per hari. Istilah CY–CY pada dokumen pengiriman menandakan bahwa pengangkutan dilakukan dari container yard pelabuhan asal ke container yard pelabuhan tujuan. Tanggung jawab perusahaan pelayaran dimulai dan berakhir di kedua titik ini. Dengan mengetahui istilah ini, pengirim dapat memahami batas tanggung jawab logistik dan titik serah muatan yang resmi. Dengan fungsi-fungsi ini, container yard menjadi elemen vital dalam menjaga kelancaran rantai pasok global. Beberapa operator pelayaran seperti SPIL Logistics memiliki fasilitas CY di pelabuhan besar (Surabaya, Makassar, Bitung) yang terintegrasi digital. Banyak yang keliru antara Container Yard (CY) dan Container Freight Station (CFS). Padahal keduanya berbeda. CY menangani kontainernya, sementara CFS menangani barang di dalamnya. Berat kontainer (tare weight) dan kapasitas muatan bervariasi tergantung ukuran dan jenisnya. Berikut tabel umum yang digunakan di pelabuhan: Berat ini penting dalam pengaturan penumpukan di yard agar crane dan alat berat tidak kelebihan kapasitas. Indonesia memiliki banyak fasilitas container yard yang dikelola oleh BUMN dan swasta: Dengan integrasi digital seperti SPIL, aktivitas gate in dan gate out menjadi lebih cepat dan transparan. Artinya kontainer kosong dikembalikan ke area container yard sesuai perjanjian dengan operator kapal. CY (container yard) berada di pelabuhan, sedangkan SD (shipper door) adalah lokasi gudang pengirim. Gate in berarti kontainer masuk ke area CY; Gate out berarti kontainer keluar ke kapal atau truk. Ukuran kontainer 40 feet: panjang 12,03 m × lebar 2,35 m × tinggi 2,39 m, volume sekitar 67,7 m³. CY menunjukkan titik serah terima kontainer antara pengirim dan operator pelayaran.Definisi Kata “Yard” dalam Logistik
Apa Arti Container Yard ke Container Yard (CY–CY)?
Istilah
Arti Singkat
Tanggung Jawab
CY–CY
Dari yard asal ke yard tujuan
Operator kapal
CY–CFS
Dari yard asal ke stasiun bongkar
Shipper + forwarder
CFS–CY
Dari stasiun muat ke yard tujuan
Pelayaran + forwarder
CFS–CFS
Konsolidasi di dua sisi
Konsolidator
Fungsi dan Peran Kontainer Yard
Jenis Container Yard
Jenis CY
Lokasi
Fungsi Utama
Port CY (On-Dock)
Dalam pelabuhan
Menangani kontainer langsung dari kapal
Off-Dock CY
Luar area pelabuhan
Penyimpanan kontainer kosong
Dry Port / Inland CY
Wilayah darat
Terminal logistik terhubung jalur kereta/truk
Private CY
Depo swasta
Layanan sewa & perawatan kontainer
Perbedaan Kontainer Yard dan CFS
Aspek
Container Yard (CY)
Container Freight Station (CFS)
Fungsi
Penyimpanan kontainer utuh
Pemuatan & pembongkaran isi kontainer
Lokasi
Pelabuhan atau depo
Area gudang logistik
Kegiatan
Gate in/out, stacking, inspeksi
Konsolidasi muatan
Contoh
CY Tanjung Perak
CFS Tanjung Priok
Berapa Berat 1 Kontainer?
Jenis Kontainer
Berat Kosong (Tare)
Muatan Maksimal
Berat Total
20 Feet
± 2.300 kg
± 28.000 kg
± 30.480 kg
40 Feet
± 3.800 kg
± 26.700 kg
± 30.480 kg
40 High Cube
± 4.200 kg
± 26.280 kg
± 30.480 kg
Container Yard di Indonesia
FAQ Tambahan
Apa arti “kosong diterima di CY”?
Apa perbedaan CY dan SD?
Apa arti gate in dan gate out?
Berapa ukuran container 40 feet dalam meter?
Apa arti CY dalam Bill of Lading?
🚀 Siap Optimalkan Shipping Bisnis Anda?
Hubungi tim kami untuk konsultasi mengenai bagaimana solusi shipping. Kami dapat disesuaikan untuk kebutuhan bisnis Anda. Cek harga sekarang dan dapatkan diskonnya (hanya 1 menit)!!!

Bahtiyar adalah Digital Marketing Manager di PT Salam Pacific Indonesia Lines. Ia memiliki ketertarikan besar pada tren terbaru di dunia shipping dan logistik, serta bagaimana teknologi dapat menghadirkan solusi lebih efisien bagi pelanggan.
Melalui tulisan-tulisan di blog SPIL, Bahtiyar berbagi wawasan, informasi terkini, dan tips praktis untuk membantu pembaca memahami perkembangan industri logistik dengan lebih mudah. Temukan lebih banyak tentang Bahtiyar di LinkedIn.