EIR container adalah dokumen resmi bukti serah terima kontainer antara dua pihak logistik, seperti antara pelayaran dan terminal, atau antara depo dan truk pengangkut. Dokumen ini memastikan bahwa kondisi fisik kontainer tercatat dengan jelas pada saat keluar (gate-out) dan masuk (gate-in). EIR adalah singkatan dari Equipment Interchange Receipt. Istilah ini hanya digunakan dalam konteks logistik dan pelabuhan. Di bidang lain seperti perbankan atau telekomunikasi, EIR memiliki arti berbeda, misalnya Effective Interest Rate atau Equipment Identity Register. Namun dalam pelayaran, EIR berarti dokumen serah terima kontainer yang mencatat kondisi, waktu, lokasi, dan pihak penerima serta penyerahnya. Tanpa dokumen ini, setiap perpindahan kontainer dianggap tidak sah secara administratif. Jika Delivery Order adalah izin ambil barang, maka EIR adalah bukti barangnya sudah benar-benar diambil dan kondisinya tercatat. Secara langsung tidak, tetapi EIR digunakan sebagai bukti awal dan akhir masa sewa kontainer. Saat kontainer diserahkan (gate-out), diterbitkan EIR Out, dan ketika dikembalikan (gate-in), diterbitkan EIR In. Jika ditemukan kerusakan pada saat pengembalian, data di EIR akan digunakan untuk menghitung biaya penalti atau perbaikan. Estimasi umum biaya sewa kontainer 20 feet berkisar antara Rp25 juta–Rp40 juta per unit (nonresmi, tergantung operator). Setiap EIR juga mencatat ukuran kontainer: 20 feet (1 TEU) atau 40 feet (2 TEU). TEU, atau Twenty-foot Equivalent Unit, digunakan untuk mengukur kapasitas terminal dan kapal. Dengan mencatat ukuran di EIR, operator pelabuhan dapat menghitung total kapasitas pergerakan logistik secara akurat. Format dapat berbeda antar terminal, namun isi intinya sama. Dalam proses logistik, EIR biasanya dilampirkan bersama dokumen lain seperti: Kombinasi dokumen ini memastikan setiap pengiriman legal, aman, dan dapat dilacak. Pelabuhan modern di Indonesia kini menggunakan e-EIR atau Electronic Equipment Interchange Receipt. Sistem ini menggantikan EIR kertas menjadi digital. Dengan SPIL, pengguna dapat mengakses data EIR digital langsung melalui platform mySPIL tanpa dokumen fisik, mempercepat clearance dan pelacakan kontainer. EIR container adalah dokumen bukti serah terima kontainer antara pelayaran, depo, atau terminal, lengkap dengan waktu dan kondisi kontainer. Operator terminal atau depo menerbitkan EIR setiap kali kontainer keluar (gate-out) atau masuk (gate-in). Tidak ada biaya langsung untuk EIR, tetapi dokumen ini berkaitan dengan biaya administrasi penyimpanan dan sewa kontainer. Tidak. DO adalah izin mengambil barang, sedangkan EIR adalah bukti kontainer telah diambil dan kondisinya tercatat. Ya, pelabuhan besar di Indonesia sudah menggunakan sistem e-EIR yang terintegrasi digital.EIR Singkatan dari Apa?
Fungsi dan Manfaat EIR Container
Jenis dan Pergerakan EIR
Jenis EIR
Pergerakan
Tujuan
EIR Gate-In
Kontainer masuk terminal
Mencatat kondisi sebelum disimpan
EIR Gate-Out
Kontainer keluar terminal
Bukti serah ke pihak transportasi
EIR Delivery
Dari depo ke penerima barang
Bukti pengiriman fisik
EIR Return
Kontainer kosong kembali ke depo
Verifikasi kondisi akhir
Perbedaan EIR dan Delivery Order (DO)
Aspek
EIR
Delivery Order (DO)
Fungsi
Bukti serah terima fisik kontainer
Izin pengambilan barang
Dikeluarkan oleh
Terminal / Depo
Shipping Line
Waktu terbit
Saat gate-in / gate-out
Setelah pembayaran ongkos kirim
Tujuan
Legalitas fisik & kondisi kontainer
Izin administratif pengambilan barang
Apakah EIR Berhubungan dengan Biaya Sewa Kontainer?
Hubungan EIR dengan TEU dan Ukuran Kontainer
Contoh Format Laporan EIR
Field
Contoh Data
Container No
SPMU1234567
Size/Type
20DRY
Condition
Clean, No Dent
Gate Out Date
2025-05-18
Truck No
B 9210 SP
Driver Name
Ahmad Yusuf
Received By
Terminal Petikemas Surabaya
Remarks
Checked OK
Dokumen Pelengkap Pengiriman
EIR Elektronik (e-EIR)
FAQ Seputar EIR Container
Apa itu EIR Container?
Siapa yang menerbitkan EIR?
Apakah EIR berbayar?
Apakah EIR dan DO sama?
Apakah EIR bisa elektronik?
🚀 Siap Optimalkan Shipping Bisnis Anda?
Hubungi tim kami untuk konsultasi mengenai bagaimana solusi shipping. Kami dapat disesuaikan untuk kebutuhan bisnis Anda. Cek harga sekarang dan dapatkan diskonnya (hanya 1 menit)!!!

Bahtiyar adalah Digital Marketing Manager di PT Salam Pacific Indonesia Lines. Ia memiliki ketertarikan besar pada tren terbaru di dunia shipping dan logistik, serta bagaimana teknologi dapat menghadirkan solusi lebih efisien bagi pelanggan.
Melalui tulisan-tulisan di blog SPIL, Bahtiyar berbagi wawasan, informasi terkini, dan tips praktis untuk membantu pembaca memahami perkembangan industri logistik dengan lebih mudah. Temukan lebih banyak tentang Bahtiyar di LinkedIn.