NEWS ARTICLE

SPIL LAHIRKAN ENTERPRENEUR LOGISTIK MELALUI PROGAM PATRIOT

SPIL WRITING COMPETITION

Bertujuan untuk mengurangi pengangguran khususnya di Surabaya terlebih lagi karena dampak dari pademik Covid 19, PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) membuat sebuah program mentoring bernama Patriot Project. Kegiatan ini memberikan pelatihan kepada orang-orang yang berminat untuk membuka lapangan pekerjaan di bidang logistik.

Kegiatan ini sudah berjalan selama 2 periode. Periode pertama berlangsung pada Agustus hingga akhir Oktober 2020, sedangkan periode ke-dua dilaksanakan mulai dari Juni – September 2021. Jika pada periode pertama peserta ialah warga Kecamatan Asemrowo, maka di periode kedua pesertanya adalah mahasiswa/i lulusan PPNS.

“Adanya pandemi ini memang membatasi mobilitas kita. Sehingga program ini disesuaikan dengan protokol covid-19. Nah, di periode kedua, seluruh proses mentoring dilakukan secara online.” Ujar Febrian Darmadi, selaku Change Agent Manager PT SPIL.

Setiap periodenya akan berlangsung selama kurang lebih tiga bulan dengan pertemuan seminggu sekali. Periode pelatihan pertiga bulanan antara lain pengenalan tentang dunia bisnis logistik, pengenalan tentang digitalisasi layanan di SPIL dan termasuk bimbingan yang tak hanya sekedar materi seperti bisnis proses logistik, melainkan turun ke lapangan langsung untuk mendapatkan pelanggan.

Setelah tiga bulan, peserta tetap bebas bertanya kepada SPIL University apabila menemui kendala di lapangan dan sesekali dibekali pelatihan seperti bagaimana berjualan, negosiasi, hingga mempersiapkan materi presentasi jualan. (Diberikan Kemudahan pengangkutan melalui SPIL)

“Selain untuk mengisi waktu luang di sela-sela kuliah, saya tertarik mempelajari bidang ini karena logistik menjadi salah satu industri penting yang tidak boleh berhenti sepenuhnya di masa krisis seperti pandemi ini. Artinyakan banyak peluang jika saya bersungguh-sungguh menjalaninya.” ujar salah satu peserta Patriot Project, Darien Morieno.

Menurut Febrian, kini sedang berlangsung periode ketiga. Berbeda dengan sebelumnya, di periode ini target peserta adalah pebisnis. Kegiatan ini sudah terlaksanakan mulai awal Oktober hingga akhir Desember 2021.

Kedepannya, PT SPIL juga akan memperkenalkan aplikasi patriot yg sudah dikoneksikan dengan aplikasi mySPIL sehingga nantinya bisa menjadi ekosistem digital logistik yang lebih integrated end to end logistics customer.

Share:

OTHER NEWS